PERTOLONGAN UMAT KRISTIANI / AUXILUM CHRISTIANORUM


Dalam tahun 1815, seruan Pertolongan Orang Kristen ditambahkan dalam litani Bunda Maria dari Loretto.
Dalam tahun yang sama, don (Giovanni) Bosco lahir di Turin, Italia.
Dalam tahun 1844, Bunda Allah menampakkan diri kepada don Bosco dan minta padanya supaya didirikan sebuah gereja dengan nama Maria, Pertolongan Orang Kristen. Bunda berbicara dengannya secara tepat dan mendetail hingga pada konstruksi bangunannya.
Kutipan dari buku “Dreams, Visions and Prophecies of Don Bosco“ : bagian tentang ‘Impian Tentang dua Tiang Utama’ ini ditulis pada 30 Mei 1862. “beberapa menit yang lalu, saya bermimpi... saya melihat suatu samudra yang amat luas. Seluruhnya air yang ditutupi suatu formasi armada kapal-kapal dalam keadaan siap tempur..semua kapal dilengkapi persenjataan berat dengan meriam, bom pembakar, dan macam-macam persenjataan. Setumpuk buku dihadapkan pada sebuah kapal yang cukup megah lebih agung dari kapal lainnya. Ketika merapat, kapal-kapal itu langsung menghantam, me-nembakkan api dan menyerang habis-habisan. Kapal raksasa yang agung itu dikelilingi sebuah konvoi kapal kecil di tengah - tengah lautan yang tak berujung itu, nampak dua tiang besar yang amat kokoh, dalam jarak yang agak jauh, membumbung tinggi ke langit : yang satu menyangga sebuah patung Perawan Maria yang Tak Bernoda, yang di bawah kakinya terbaca huruf-huruf besar yang jelas : Pertolongan Orang Kristen; yang lainnya jauh lebih kokoh dan tinggi, menyangga sebuah hosti dengan ukuran yang sesuai dan di bawahnya tertulis : Keselamatan Bagi Umat Beriman...”
Begitulah, gelar Maria, Pertolongan Orang Kris-tiani dihubungkan dengan bunda dari semua kemenangan dan kemudian dengan Ratu Rosario yang amat suci, suatu rangkaian 3 gelar yang menghubungkan peristiwa yang sama dan wanita yang sama.
Berikut sedikit penjelasan mengenai makna gambar Maria Pertolongan Umat Kristiani :
Jubah Maria berwarna merah, warna yang dikenakan oleh para perawan pada zaman Kristus. Mantel biru tua yang dikenakan Maria seperti para ibu di Palestina, melambangkan Maria adalah perawan dan ibu. Mahkota yang dipakainya dan tongkat yang dipegang di tangan kanannya melambangkan kuasa yang dipegangnya dan kemenangan-kemenangannya. Keduabelas bintang di atas kepalaNya sesuai dengan apa yang tertulis dalam Alkitab (Kitab Wahyu).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Hari Raya yang disamakan dengan Hari Minggu

Apakah makna orang Katolik memasang lilin di depan Patung Yesus atau Maria?

“DIPERLENGKAPI UNTUK SALING MELENGKAPI DI TENGAH KEANEKARAGAMAN”