8 Pertanyaan Soal Yubileum Kerahiman Yang Mungkin Masih Bikin Penasaran


pintu suciPertanyaan-soal-yubileum-kerahiman-yang-mungkin-masih-bikin-penasaranTahun Suci / Tahun Yubileum menjadi salah satu peristiwa paling penting dalam Gereja Katolik. Tapi karena hanya dirayakan setiap 25 tahun sekali, banyak umat jadi tidak mengerti bahkan salah memahami Tahun Suci. Bahkan karena Yubileum Kerahiman tahun ini adalah sebuah Yubileum luar biasa, banyak umat semakin dibuat bingung.
Di bawah ini adalah jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang paling banyak diajukan seputar Yubileum Kerahiman.

.
1. Apa itu Tahun Suci?
Tradisi Yahudi menginspirasi Gereja Katolik untuk mulai merayakan Yubileum atau Tahun Suci. Tradisi ini dimulai pada tahun 1300 oleh Paus Bonifasius VIII.
Tahun Suci adalah sebuah sarana pengampunan menyeluruh yang terbuka bagi semua umat. Tahun Suci merupakan sarana spesial untuk mencapai Allah dan sesama.

.
2. Apa sih bedanya Yubileum biasa dan Yubileum luar biasa?
Jadi ada 2 macam Yubileum, Yubileum biasa dan luar biasa.
Sejak tahun 1475, Yubileum biasa telah dirayakan sekali dalam 25 tahun. Sedangkan Yubileum luar biasa dirayakan hanya untuk peringatan / peristiwa tertentu.
Hingga saat ini, sudah diselenggarakan 24 kali Yubileum biasa dan 4 kali Yubileum luar biasa. Yubileum Kerahiman yang dicanangkan Paus Fransiskus nanti akan menjadi yang ke-5.
Yubileum luar biasa terakhir dilaksanakan oleh Paus St. Yohanes Paulus II pada tahun 1983. Beliau juga melaksanakan Yubileum biasa terakhir, yakni Yubileum tahun 2000.

.
3. Kenapa Paus Fransiskus mengadakan Yubileum luar biasa?
Paus Fransiskus mengumumkan Yubileum Kerahiman pada Maret 2015 dan menjelaskan alasannya saat membacakan Bulla Kepausan pada bulan April.
“Kenapa Yubileum Kerahiman? Sederhananya, karena Gereja yang sedang berada dalam perubahan bersejarah, dipanggil untuk menawarkan tanda kehadiran dan kedekatan Allah dengan intensitas yang lebih besar. Ini bukan saatnya untuk larut dalam kebingungan.”
~ Paus Fransiskus, 11 April 2015

Organisator Yubileum menjelaskan lebih jauh mengenai kepentingan spiritual pelaksanaan Yubileum.

“Kita harus paham bahwa alasan paling utama dari perayaan ini adalah untuk memunculkan pemahaman dalam diri kita masing-masing bahwa kita memiliki kebutuhan yang begitu mendalam akan kehadiran Allah.”
~ Rino Fisichella

.
4. Berapa lama Tahun Suci akan berlangsung?
Sebenarnya Tahun Suci tidak benar-benar berlangsung selama setahun penuh / 365 hari. Yubileum Kerahiman sendiri akan berlangsung kurang dari setahun, dimulai pada 8 Desember 2015 dan akan berakhir pada 20 November 2016.

.
5. Berapa banyak umat yang akan datang ke Roma?
Perayaan Yubileum di tahun 2000 sendiri menarik sekitar 25 juta peziarah ke Roma. Dengan estimasi jumlah yang sama akan datang berziarah selama Yubileum Kerahiman.
Di tahun Yubileum ini dipastikan akan datang jutaan umat yang memenuhi Basilika St. Petrus dan gereja-gereja lain di area ziarah. Para pemilik toko di dekat Vatikan berkata bahwa mereka sedang mempersiapkan tenaga untuk tahun yang begitu sibuk ini.

.
6. Di manakah perayaan akan digelar?
Tahun Suci dipastikan akan menjadi tahun yang amat sibuk. Setelah Pintu Suci di Basilika St. Petrus dibuka pada 8 Desember, Pintu-Pintu Suci di seluruh kota juga akan dibuka.
Perayaan ini akan berpusat pada konsep Kerahiman. Ini berarti penanganan spesial akan dilakukan untuk membuat Sakramen Rekonsiliasi / pengakuan dosa menjadi bagian paling utama dalam Yubileum.

“Pastinya, Sakramen Rekonsiliasi / pengakuan dosa akan mendapat tempat paling utama dalam seluruh hari selama Yubileum, tapi akan ada beberapa gereja di dekat Basilika St. Petrus yang akan didedikasikan secara khusus untuk merayakan Sakramen Rekonsiliasi.”
~ Rino Fisichella

Selama Yubileum akan ada Doa Vigili di bulan Mei dan Yubileum bagi para narapidana di bulan November. Kunjungi www.im.va untuk informasi lebih lanjut mengenai agenda-agenda selama Tahun Yubileum.

.
7. Apa itu Pintu Suci?
Ritual pertama dari Yubileum Kerahiman adalah pembukaan Pintu Suci.
Dalam kunjungannya ke Afrika, Paus Fransiskus membuka Pintu Suci di Katedral Bangui, Republik Afrika Tengah. Pembukaan Pintu Suci ini merupakan langkah kuat yang menunjukkan bahwa Yubileum Kerahiman ini dibuka di seluruh keuskupan di Dunia.

Akan tetapi, Paus Fransiskus juga akan membuka Pintu Suci di Basilika St. Petrus. Normalnya, Pintu Suci ini dibuka tiap 25 tahun sekali. Faktanya, sebuah tembok dibangun untuk menyegel Pintu Suci sampai kemudian disingkirkan saat mendekati Yubileum selanjutnya.
Karena Yubileum ini adalah Yubileum luar biasa, Pintu Suci akan dibuka lebih awal (hanya 15 tahun sejak terakhir ditutup).

Pintu Suci menyimbolkan jalan luar biasa yang dapat membuka dan mengarahkan umat Katolik menuju iman mereka. Bagi para peziarah, salah satu yang paling disoroti dalam peziarahan mereka adalah berjalan melalui Pintu Suci.

.
8. Apakah aman untuk mengunjungi Roma saat ini?
Sebagai respon atas serangan teroris di Paris beberapa saat lalu, pengamanan telah ditingkatkan di seluruh Eropa. Dikarenakan Roma merupakan pusat Gereja Universal, maka Roma kemungkinan juga diperhitungkan sebagai sasaran serangan teroris selanjutnya.
Kekhawatiran akan serangan yang mungkin menyasar Perayaan Yubileum mendatang semakin tinggi. Pasukan militer dan polisi Italia sudah berjaga di seluruh situs turis utama, terutama Vatikan dan lapangan St. Petrus.

Meskipun begitu, kebanyakan warga Roma lebih mengkhawatirkan apakah sarana transportasi kota yang tidak memadai dapat memuat lebih banyak turis daripada mengkhawatirkan kemungkinan serangan teroris

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Hari Raya yang disamakan dengan Hari Minggu

Apakah makna orang Katolik memasang lilin di depan Patung Yesus atau Maria?

“DIPERLENGKAPI UNTUK SALING MELENGKAPI DI TENGAH KEANEKARAGAMAN”